Sabtu, 24 November 2012

KATROL

Katrol adalah Sebuah roda yang sekelilingnya diberi tali dan dipakai untuk mempermudah pekerjaan manusia.Katrol sangat baik digunakan untuk memindahkan beban ke atas.Katrol dapat dibedakan menjadi katrol tunggal tetap, katrol tunggal bergerak, dan takal.
a. Katrol Tetap
Sesuai dengan namanya, sistem katrol ini dibuat sedemikian rupa sehingga katrol tersebut tetap pada posisinya.Contoh yang sering kamu lihat sehari-hari, seperti katrol yang digunakan untuk menimba air.Titik tumpu yang merupakan pusat lingkaran katrol diberi nama A, kemudian AB dan AC masing-masing disebut lengan beban dan lengan gaya. Keuntungan katrol jenis tunggal ini sama dengan 1. Hal ini dikarenakan perbandingan antara lengan beban dan lengan gaya sama dengan 1.
b. Katrol Bebas
Katrol tunggal jenis ini dirancang sedemikian rupa sehingga katrol ini bergerak. Titik C merupakan titik tumpu katrol, AC adalah lengan beban dan BC adalah lengan gaya. Katrol jenis ini mempunyai keuntungan mekanis 2, artinya perbandingan antara berat beban dan gaya sama dengan dua. Jika kamu mengangkat beban menggunakan katrol jenis ini, kamu hanya perlu memberikan gaya sebesar setengah kali berat beban. Katrol jenis ini bisa kita temukan pada alat-alat pengangkat peti kemas di pelabuhan
c. Katrol majemuk


Katrol majemuk adalah susunan katrol yang terdiri lebih dari satu katrol.katrol majemuk biasa digunakan untuk mengangkat beban yang berat. katrol majemuk dapat menggunakan dua katrol di mana satu sebagai katrol tetap dipasang di atas dan satu lagi sebagai katrol bergerak. Takal juga dapat menggunakan tiga atau empat katrol. Keuntungan mekanik tergantung jumlah katrol dan tali yang menanggung beban. Contohnya: Pada mobil derek dan peralatan pemanjat tebing.

2 komentar:

  1. materi yang disajikan sangat informasi dan konseptual,dimana dalam hal ini disajikan mengenai penjelasan mengenai katrol.alangkah baiknya informasi ini disajikan dengan penerapan aktualisasi dalam kehidupan sehari-hari dengan begitu siswa akan lebih tertarik untuk mempelajarinya....
    dan juga saran saya juga disajikan tetang penjelasan mengenai TUAS untuk menunjang pemahaman mengenai konsep katrol itu sendiri:)

    BalasHapus
  2. materi yang di post ini sangat memberikan informasi yg bermanfaat sodara :)
    setuju dengan dayya kalau alangkah baiknya ditambahkan lagi materinya mengenai penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari :)

    BalasHapus